Kamis, 13 Desember 2012

A. Basis Data

Pengenalan Basis Data dan MySQL , amat diperlukan dikarenakan basis data dan mySQL sangat berkaitan. Dimana, mySQL sebagai penyedia aplikasi, dan database sebagai penggeraknya. Sekarang, kita akan membahas mySQL pada Database , beserta cara penggunaannya, tidak lupa beberapa perintah dasar pada mySQL.


1. Pengertian Basis Data ( Database )

Menurut Date, basis data dapat dianggap sebagai suatu tempat untuk sekumpulan berkas data terkomputerisasi . Bisa dikatakan juga basis data (database) merupakan suatu pengorganisasian data dengan bantuan komputer yang memungkinkan data dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Akses Data mencakup pemerolehan data maupun pemanipulasian seperti menambah , mengubah , dan menghapus data.

Informasi adalah suatu bentuk penyajian data setelah melalui mekanisme pemrosesan yang berguna bagi pihak tertentu.

Data -> Proses -> Informasi

Dengan adanya komputer , data dapat disimpan dalam suatu medua , yaitu hard disk dan dikemas dalam bentuk basis data sehingga lebih cepat diakses.

Contoh pemanfaatan :
ATM : dalam basis data tersimpan data mengenai rekening , password , saldo tabungan , sehingga bisa mengambil uang kapan saja dan dimana saja.
Toko Swalayan : dalam basis data tersimpan data mengenai barang yang dimiliki toko tersebut, harga beli dan jualnya , transaksi penjualan , stok, data pegawai dari toko tersebut , dll.
Perpustakaan : dalam basis data tersimpan data mengenai judul buku yang ada , data anggota perpustakaan , peminjaman, pengembalian buku,dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar