Kamis, 13 Desember 2012

Hierarki Data dalam Database



1. Database merupakan kumpulan file yang saling terkait satu sama lain.
2. File yaitu kumpulan dari record yang saling terkait dan memiliki format field yang sama dan sejenis.
3. Record yaitu kumpulan field yang menggambarkan suatu unit data individu tertentu.
4. Field yaitu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data.
5. Byte yaitu atribut dari field yang berupa huruf yang membentuk nilai dari sebuah field. Huruf tersebut dapat berupa numerik, abjad, atau karakter khusus.
6. Bit yaitu bagian terkecil dari data keseluruhan , yaitu berupa karakter ASCII nol atau satu yang merupakan komponen pembentuk byte.
Sistem Manajemen Basis Data ( SMBD )
Menurut Date, SMBD adalah sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.
RDBMS ( Relational Database Management System ) , dimana data disimpan dalam bentuk tabel – tabel yang saling relasional.

Tiga bagian RDBMS adalah :

1. Data definition , mendefinisikan jenis data yang akan dibuat ( seperti berupa angka / huruf , cara relasi data , validasi data ,dsb).
2. Data manipulation , data yang telah dibuat dan difenisikan tersebut akan dilakukan beberapa pengerjaan , seperti menyaring data , melakukan query, dsb.
3. Data control , bagian ini mengenai cara mengendalikan data atau mengatur sekuritas basis data , seperti siapa saja yang melihat isi data, bagaimana data digunakan banyak user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar